Program Air Bersih di Sulawesi Barat

Gempa bumi yang terjadi di Sulawesi Barat pada 16 Januari 2021 lalu berkekuatan 6,2 Skala Richter tidak hanya menyebabkan kerusakan rumah dan menelan korban jiwa. Gempa juga membuat masyarakat kesulitan mengakses air bersih karena jaringan pipa distribusi air bersih rusak, sumber air hilang atau debit air berkurang.

Menyikapi hal tersebut, Islamic Relief Indonesia dan mitranya Karsa Institute bekerja sama dengan pemerintah daerah Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene, melakukan kegiatan perbaikan sarana air bersih, khususnya perbaikan pipa distribusi air bersih yang berada di 2 desa, serta pembangunan kembali sumber air yang rusak, yaitu di Desa Rantedoda, Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju dan Desa Bambangan, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene.

Dasar pemilihan desa tersebut karena pasca gempa masyarakat kesulitan mengakses air bersih akibat pipa distribusi air bersih sepanjang 500 meter di Desa Rantedoda rusak setelah tertimbun longsor akibat gempa.
Selain itu, bak penampungan sumber air juga mengalami kerusakan. Sementara itu di Desa Bambangan, banyak pipa distribusi yang mengalami kebocoran, mengingat usia pipa yang sudah cukup lama (pertama kali dibangun sekitar tahun 2000-an).

Alhamdulillah, proses pemipaan dan pembangunan kembali bak penampungan sumber mata air telah selesai dan siap untuk disalurkan ke rumah-rumah warga. Sebelum disalurkan ke rumah-rumah warga, air dari sumber mata air ditampung di bak-bak penampungan air yang disebar di setiap desa. Dari penampungan ini kemudian dilakukan penyambungan untuk menjangkau rumah-rumah warga yang paling rentan.
Saat ini sudah ada 100 keluarga yang sudah mendapatkan sambungan pipa ke rumahnya. Sementara itu, warga yang dianggap tidak rentan diharapkan dapat melakukan penyambungan sendiri di bawah koordinasi Tim Pengelola Air Minum.

Seluruh kegiatan pelaksanaan proyek ini dilakukan oleh masyarakat setempat dengan skema cash for work. Ada 30 keluarga terpilih sesuai kriteria yang telah disepakati yang terlibat dalam proses pemipaan dan perbaikan tandon.
Alhamdulillah, kami panjatkan kehadirat Allah SWT, pengerjaan perbaikan sarana air bersih telah dilaksanakan dengan hasil yang baik. Diharapkan masyarakat di 2 desa tersebut khususnya dapat saling menjaga dan merawat fasilitas yang telah ada, sehingga dapat bermanfaat secara berkesinambungan.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp