Islamic Relief Worldwide di Indonesia melalui Project SUCRA-Cov19 yang didukung oleh Islamic Relief USA melaksanakan distribusi Cash and Voucher Assistance (CVA) kepada 100 keluarga penerima manfaat, dimana 10 diataranya adalah kepala keluarga perempuan (janda), di Kelurahan Balaroa, Kota Palu dan Desa Lolu, Kabupaten Sigi.
 
CVA yang dilaksanakan bertujuan untuk mendukung upaya pemulihan mata pencahariaan masyarakat terdampak bencana gempa bumi, likuifaksi dan tsunami yang melanda Palu dan Sigi pada 28 Desember 2018.
 
Sebelum pelaksanaan distribusi, para calon penerima manfaat yang sudah melalui proses seleksi berdasarkan kriteria program, terlebih dahulu menerima pelatihan penyusunan rencana usaha, pembukuan, dan pemasaran yang bekerja sama dengan LPPM Universitas Tadulako. Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan para penerima manfaat dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya.
 
Pasca pelatihan, calon penerima manfaat yang memiliki usaha bidang Pertanian, Peternakan, Perikanan, buruh bangunan, pembuat makanan/minuman, kios, penjual pulsa, dan laundry ini mengisi list bahan baku dan peralatan yang dibutuhkan sesuai dengan masing-masing usahanya.
 
SUCRA merupakan singkatan dari ‘Supporting Community Resilience Against Covid-19’ (SUCRA-Covid19) Mendukung Ketahanan Masyarakat Melawan Covid-19.
 
Adapun tujuan dari project SUCRA ini adalah : Masyarakat rentan yang terkena dampak gempa bumi, tsunami, likuifaksi dan sekarang diperparah oleh pandemic Covid19 dapat meraih kembali kehidupan bermartabat mereka setelah menerima paket makanan untuk rumah tangga yang rentan menerima makanan bergizi untuk anak-anak, ibu menyusui dan wanita hamil, lansia dan penyandang cacat, serta strategi mata pencaharian baru untuk para pencari nafkah dalam keluarga rentan.
 
Adapun anggaran untuk pelaksanaan project ini berjumlah Rp. 5,565,217,636,-.
Dengan sasaran Project :
  • 2,250 rumah tangga yang rentan menerima bantuan voucher tunai bersyarat untuk makanan sehari-hari mereka selama dua bulan.
  • 500 balita, ibu menyusui / ibu hamil, lansia dan penyandang disabilitas mendapat asupan makanan dan bergizi berkualitas selama 30 hari.
  • 100 pencari nafkah di rumah tangga rentan akan menerima peralatan, perlengkapan, suplai dan dukungan teknis untuk meningkatkan pendapatan mereka.
Untuk durasi waktu pelaksanaan project ini : 1 Desember 2020 – 30 November 2021, dengan sasaran lokasi wilayah pelaksanaan project di Kota Palu dan Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah.
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email